Catatan seorang ibu, isteri, dan pengemban mabda-Nya

Demi Asing Rakyat Dibohongi

Bersiap-siaplah anda dengan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang melonjak tinggi. Sebenarnya soal waktu saja Pemerintah akan mencabut subsidi BBM. Pemerintah memang akan mencabut subsidi BBM itu berdasarkan Letter of intent RI-IMF. Nantinya tidak ada lagi subsidi BBM, semua harga BBM harus sesuai dengan harga pasar.

Permintaan Asing

Pengamat Kebijakan Publik Ichsanuddin Noorsy menilai ini semua adalah bentuk liberalisasi sector migas.”ini kebijakan yang konsisten memenuhi perintahnya pihak asing,” katanya.

Mungkin banyak orang yang bingung, mengapa Pemerintah mau saja memenuhi perintah asing ? Sebenarnya hal itu tidak heran sebab pemerintah menjalankan undang-undang yang isinya meliberalisasi sektor migas. Undang-undang itu adalah Undang-Undang tentang Minyak dan Gas Bumi.

Bukannya UU tersebut produk DPR ? Benar, tapi tahukah anda bahwa Undang-undang tersebut yang  menyusun adalah para Meneer alias orang-orang bule. DPR tinggal ketuk palu saja. Pembuatan UU itu bahkan dibiayai USAID & World Bank senilai US $40 Juta atau senilai Rp 360 milyar( kurs 1 dolar=Rp.9000).

Keberadaan UU ini penting bagi pihak asing mengingat cadangan minyak di Indonesia dikuasai oleh mereka. Atas dasar inilah semua harga jualan distandarkan dengan harga internasional.

Sebenarnya Bisa Murah

Itu adalah pekerjaan yang berat, tapi sangat mungkin dilakukan. Pertama, tentu saja harus ,merubah paradigmanya bahwa BBM itu harus dikuasai oleh negara,tidak boleh dikuasai oleh swasta apalagi asing. Kedua,semua undang-undang yang tidak sejalan dengan paradigma tersebut harus diubah. Ketiga, harus ada koreksi terhadap produksi BBM selama ini yang tidak efisien.

Wallahu’alam bishshawab

oleh : Fika (aktivis SENADA Nisa Medan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: